Bagi banyak orang, secangkir kopi adalah minuman yang menyelamatkan jiwa ketika kantuk datang untuk menghantui. Beberapa orang bahkan tidak dapat memulai hari tanpa terlebih dahulu menyeruput kopi hitam hangat sebelum pergi. Meski begitu, tak jarang ada orang yang mengeluh mereka suka sakit perut setelah minum kopi. Kenapa ya?

Kopi Sehat Mie Ayam Jamur Medan

Sakit perut setelah minum kopi, mungkin karena …
1. Minum kopi dengan perut kosong
Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Critical Review in Food Science and Nutrition pada 2006 melaporkan bahwa kopi dapat merangsang produksi asam lambung karena kandungan asam klorogeniknya. Asam lambung (asam hidroklorik) adalah cairan korosif yang kuat jika dibiarkan membeku dalam jumlah besar tanpa makanan yang akan hancur dapat mengikis dinding lambung. Ini dapat menyebabkan sakit perut dan berakhir dengan gastritis (maag).

Gastritis karena minum kopi dengan perut kosong sering menyebabkan sakit perut, cegukan, hingga mual dan muntah.

2. Minum kopi menggunakan susu
Bagi orang yang tidak kuat dengan kopi hitam pahit, mereka sering menambahkannya ke susu atau krim. Susu dapat membuat Anda rentan terhadap sakit perut setelah minum kopi, terutama jika Anda memiliki intoleransi laktosa.

Intoleransi laktosa terjadi ketika tubuh tidak dapat mencerna dan menyerap laktosa dalam susu. Gejalanya bisa berupa sakit perut, nyeri ulu hati, perut kembung, dan diare.

Jika demikian, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Dokter dapat menyarankan Anda untuk mengganti produk susu yang biasa Anda gunakan dengan susu nabati seperti susu kedelai atau alternatif lain untuk mencegah terulangnya intoleransi laktosa.

3. Kopi membuat usus bekerja sangat cepat
Kafein dan bahan kimia lainnya dalam kopi adalah stimulan yang dapat merangsang kerja usus menjadi lebih cepat. Ini adalah reaksi normal dan normal, tetapi pada beberapa orang yang sensitif, buang air besar lebih cepat dapat menyebabkan sakit perut atau kram. Terutama jika orang itu rentan terhadap masalah pencernaan seperti bisul atau refluks asam lambung.

Tips untuk tidak sakit perut saat minum kopi
Solusi terbaik adalah tidak minum kopi saat perut kosong, terutama jika Anda adalah tipe orang yang rentan terkena sakit maag atau naiknya asam lambung. Bagus, minum kopi setelah sedikit perut diisi camilan.

Jika Anda masih sakit perut setelah minum kopi, atau lebih buruk lagi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mencari tahu penyebabnya dan bagaimana mengobatinya dengan benar. Sementara itu, cobalah juga dengan mulai mengurangi porsi kopi Anda setiap hari sedikit demi sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *