Keluarga menangis mewarnai kedatangan 346 jamaah dari Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau yang kembali ke tanah air mereka dengan aman, seperti dilansir Antara, Selasa (18/9/2018).

Madinah Indah Wisata Tempatnya Umroh Murah Di JAKARTA

“Saya bangga dengan semua jamaah Pelalawan karena mereka dapat berkumpul kembali dengan keluarga dan kerabat mereka setelah melakukan haji di musim Haji 2018,” kata Pelawan Pendeta HM Harris.

Menurut Harris, jamaah disambut dengan emosi karena mereka telah meninggalkan negara itu selama dua bulan dan melakukan ibadah dengan penuh kesungguhan, tetapi kembali ke rumah dengan selamat.

Setelah kembali ke kampung halamanku, katanya, kami berdoa agar semua jamaah Pelalawan akan menjadi jamaah Mabrur dan dapat memberi manfaat bagi keluarga dan masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah, para jamaah kami telah tiba, tetapi meskipun demikian kehadiran mereka di kampung halaman mereka masih diharapkan untuk memberikan manfaat yang lebih besar,” kata Harris.

Harris mengatakan, Haji adalah ibadah yang bisa mengenal Nabi dan teman-temannya lebih dekat. Ziarah, katanya, adalah ibadah yang mengilhami refleksi mendalam bagi umat Islam karena itu dilakukan di tempat-tempat suci di mana Nabi Muhammad dan para sahabat-Nya memenuhi tugas-tugas terhormat mereka.

Haji secara harfiah, lanjut Harris, berarti pergi, mengunjungi, terus-menerus pergi, dan mengunjungi tempat-tempat penting dan terhormat.

“Dalam istilah Islam haji berarti ibadah dilakukan di bulan Hijriyah Zulhijah dengan melakukan beberapa tugas agama sesuai dengan kondisi dan metode mereka dengan benar di Kakbah, Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Haji adalah kewajiban bagi setiap Muslim yang cakap,” Harris menjelaskan.

Dia menegaskan, Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam, perintah Allah SWT yang wajib atau wajib bagi umat Islam seperti sholat dan puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *